Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 16 Februari 2023

ADVOKAT ADALAH PENEGAK HUKUM YANG SAMA SEDERAJAT DENGAN APARAT PENEGAK HUKUM LAIN DI INDONESIA












______________________________________________

ADVOKAT ADALAH PENEGAK HUKUM YANG SAMA SEDERAJAT DENGAN APARAT PENEGAK HUKUM LAIN DI INDONESIA

-------------------------------------------------- ------------------

Oleh: Wilson Colling 


WCALAWFIRM , Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Dr Luhut MP Pangaribuan melantik Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Jakarta Pusat yang diketuai TM Mangunsong.

Pelantikan dilakukan pada Jumat (20/1/2023) lalu di Golden Rose Ballroom The Acacia Hotel, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPN Peradi Dr Luhut MP Pangaribuan menyatakan Peradi adalah organisasi profesi, bukan organisasi kemasyarakatan (ormas) atau partai politik (parpol). Dan Advokat juga sebagai penegak hukum yang sama sederajat dengan aparat penegak hukum lainnya di Indonesia.

Advokat sebagai salah satu profesi yang sangat dikenal di bidang hukum, juga merupakan profesi yang dipandang sebagai profesi yang sangat terhormat (noble officium). Akan tetapi peran advokat sebagai penegak hukum sejatinya kurang dipandang oleh masyarakat apabila dibandingkan dengan lembaga penegak hukum lain seperti Polisi, Jaksa maupun KPK. Padahal sesungguhnya tidak demikian, peran advokat sebagai penegak hukum juga sebenarnya berperan penting dalam penegakan hukum. Hanya saja advokat tidak memiliki hak untuk menangkap dan menahan seperti (polisi, jaksa dan KPK).

Oleh karena itu menurut Dr Luhut MP Pangaribuan, advokat dalam menjalankan profesinya harus dilengkapi dengan skill dan skill.

Senada dengan jabatan Ketua Umum tersebut di atas, dalam prakteknya di dominasi penegak hukum polisi, jaksa dan KPK dalam peradilan pidana menjadikan adanya fenomena kesewenang-wenangan, arogansi yang sering dilakukan oleh para penguasa dan penegak hukum. jika berbicara mengenai advokat selalu ada semacam ambivalensi terhadap profesi tersebut. Di satu pihak advokat dianggap sebagai profesi yang senang mempermainkan hukum dan membuat masalah.| Baca juga :

https://wcalawfirm.blogspot.com/2020/08/wilson-colling-and-associates_20.html

https://wcalawfirm.blogspot.com/2020/12/pengacara-terbaik-jakarta-wilson_31.html?m=1


_______//__________

TAG: #lawyerlifestyle #lawyermotivation #wcalafirm #edukasihukum #justice #lawyered #lawyersday #wcalawfirm #firmahukum #lawfirmjakarta #lawfirmjakartaselatan #kantorhukumjakarta #kantorhukumjakartaselatan #kantorhukumindonesia #lawyerjakarta #lawyerjakartaselatan #lawyerindonesia #pengacaraindonesia #pengacarajakarta #advokatindonesia #advokatjakarta #advokatindonesia #advokatperadi #peradidpcjakartapusatrba #lawyerlife #kutipanbijak #kutipantokoh #queteslawyer #kutipanhukum #quoteslawyer #Quoteoftheday 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar